KEHORMATAN



Drs. Hamzah Johan Al-Batahany

وَالَّذِينَ لَا يَشْهَدُونَ الزُّورَ وَإِذَا مَرُّوا بِاللَّغْوِ مَرُّوا كِرَامًا(72)وَالَّذِينَ إِذَا ذُكِّرُوا بِآيَاتِ رَبِّهِمْ لَمْ يَخِرُّوا عَلَيْهَا صُمًّا وَعُمْيَانًا(73)وَالَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا(74)أُولَئِكَ يُجْزَوْنَ الْغُرْفَةَ بِمَا صَبَرُوا وَيُلَقَّوْنَ فِيهَا تَحِيَّةً وَسَلَامًا(75)خَالِدِينَ فِيهَا حَسُنَتْ مُسْتَقَرًّا وَمُقَامًا(76(

Dan orang-orang yang tidak memberikan persaksian palsu, dan apabila mereka bertemu dengan (orang-orang) yang mengerjakan perbuatan-perbuatan yang tidak berfaedah, mereka lalui (saja) dengan menjaga kehormatan dirinya.
Dan orang-orang yang apabila diberi peringatan dengan ayat-ayat Tuhan mereka, mereka tidaklah menghadapinya sebagai orang-orang yang tuli dan buta.
Dan orang-orang yang berkata: "Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.
Mereka itulah orang yang dibalasi dengan martabat yang tinggi (dalam surga) karena kesabaran mereka dan mereka disambut dengan penghormatan dan ucapan selamat di dalamnya,
mereka kekal di dalamnya. Surga itu sebaik-baik tempat menetap dan tempat kediaman.(Al-Furqon: 72-76)
KEHORMATAN adalah Nilai seseorang di hadapan manusia dan Tuhan…inna akramakum

Usaha2 utk mendapatkannya:
  1. Cerdas intelektual, emosional, spiritual
  2. Berharta, bertahta, berakhlak mulia.
  3.  

1.      PANTANG MENGELUH
إِنَّ الْإِنْسَانَ خُلِقَ هَلُوعًا(19)
Sesungguhnya manusia diciptakan bersifat keluh kesah lagi kikir. (Al-Ma’aarij:19).

2.      PANTANG MENGEMIS
574 حَدِيثُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا : أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ وَهُوَ عَلَى الْمِنْبَرِ وَهُوَ يَذْكُرُ الصَّدَقَةَ وَالتَّعَفُّفَ عَنِ الْمَسْأَلَةِ الْيَدُ الْعُلْيَا خَيْرٌ مِنَ الْيَدِ السُّفْلَى وَالْيَدُ الْعُلْيَا الْمُنْفِقَةُ وَالسُّفْلَى السَّائِلَةُ * 
574 Diriwayatkan daripada Abdullah bin Umar r.a katanya: Sesungguhnya Rasulullah s.a.w sedang berdiri di atas mimbar. Baginda memperkatakan mengenai sedekah dan menjaga diri dari meminta-minta. Baginda bersabda: Tangan yang berada di atas itu lebih baik daripada tangan yang berada di bawah. Tangan yang berada di atas adalah yang memberi manakala yang berada di bawah adalah tangan yang meminta (HR.Bukhari, Muslim)

3.      PANTANG MAKSIAT
بَلْ يُرِيدُ الْإِنْسَانُ لِيَفْجُرَ أَمَامَهُ(5)
Bahkan manusia itu hendak membuat maksiat terus menerus. (Al-Qiyaamah:5)



KEHORMATAN (HARGA DIRI) DALAM PANDANGAN ISLAM



PRESENTER :
………………………………

Assalamu’alaikum Pak Ustad…
Bagaimana Pak Ustad, sehat-sehat ?....
Pak Ustad, pada Episode ini kita akan membahas topik “KEHORMATAN (HARGA DIRI) DALAM PANDANGAN ISLAM”, oleh sebab itu saya akan mengemukakan beberepa pertanyaan yang berkenaan dengan topik tersebut. Pertanyaan saya yang pertama adalah :
·        Apa yang dimaksud dengan KEHORMATAN (HARGA DIRI) dalam pandangan Islam ?
Mohon ustad terangkan kepada kami!
………………………………

Pak Ustad sudah menjelaskan betapa pentingnya Kehormatan ( Harga Diri) bagi manusia, lalu :
·        Usaha apa saja yang harus dilakukan seseorang untuk mendapatkan kehormatan (harga diri) tersebut ?
……………………………..

·        Kita tahu bahwa kehormatan itu ternyata adalah bagian dari kebutuhan manusia, lalu bagaimana cara kita memeliharanya ?
…………………………….

·        Selain dari sifat “Pantang Mengeluh”, apakah masih ada pantangan-pantangannya yang lain yang dapat merusak kehormatan tersebut ?

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama