NUZULUL QUR'AN


NUZULUL QUR’AN
Oleh: Drs. Hamzah Johan

MEKKAH SEBELUM NABI SAW DIUTUS
Moral :
Ja’far bin Abi Thalaib menggambarkan moral Bangsa Quraisy di masa jahiliyah di hadapan raja Najasyi: “Wahai raja, ketika kami hidup di zaman jahiliyah kami menyembah patung, senantiasa makan bangkai, senang pada barang keji, kami putuskan tali kekeluargaan dan hubungan baik dengan tetangga dan kami selalu memusuhi orang yang lemah”.
Jadi mereka terbiasa dengan moral yang buruk sperti berjudi, minum khamar, pelacuran, perampasan harta atau hak-hak orang lain serta membunuh.

Aqidah:
Mereka kebanyakan sebagai penyembah berhala, hal itu disebabkan 2 hal :
Telah lama rasul tidak diutus oleh Allah, sehingga tidak ada yang memberi peringatan kepada mereka
Sangat banyak sekali penganjur menyembah berhala
Hal ini sesuai firman Allah
لِتُنْذِرَ قَوْمًا مَا أُنْذِرَ ءَابَاؤُهُمْ فَهُمْ غَافِلُونَ
agar kamu memberi peringatan kepada kaum yang bapak-bapak mereka belum pernah diberi peringatan, karena itu mereka lalai. (Yaa Siin: 6)
Pada surat An-Nisa’ :117 disebutkan tentang apa yang mereka sembah pada waktu itu :

إِنْ يَدْعُونَ مِنْ دُونِهِ إِلَّا إِنَاثًا وَإِنْ يَدْعُونَ إِلَّا شَيْطَانًا مَرِيدًا(117)
Yang mereka sembah selain Allah itu, tidak lain hanyalah berhala, dan (dengan menyembah berhala itu) mereka tidak lain hanyalah menyembah syaitan yang durhaka,

Apa itu berhala ?
إِنَّمَا تَعْبُدُونَ مِنْ دُونِ اللَّهِ أَوْثَانًا وَتَخْلُقُونَ إِفْكًا
Sesungguhnya apa yang kamu sembah selain Allah itu adalah berhala, dan kamu membuat dusta.(Al-‘Ankabuut: 17)
Jai jelaslah bagi kita bahwa pada masa jahiliyah atau masa sebelum Muhammad diutus, moral dan aqidah bangsa Arab pada waktu itu sudah jauh menyimpang dari ajaran Allah swt.

MUHAMMAD MENJADI RASUL

Bertahannuts di Gua Hira

Melihat betapa buruknya moral dan aqidah orang-orang Arab pada waktu itu, Muhammad sangat risau dan gelisah. Dia tidak tahu apa yang mesti diperbuat. Bertahun-tahun lamanya perasaan dan fikirannya dibebani oleh buruknya akidah dan akhlak manusia pada waktu itu, yang pada akhirnya Allah memberikan mimpi kepadanya, yang dengan mimpi itu menjadi petunjuk baginya bertahannuts (menyendiri) ke Gua Hira, sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim

96 Diriwayatkan daripada Saidatina Aisyah r.a isteri Nabi s.a.w katanya: Diceritakan bahawa: كَانَ أَوَّلُ مَا بُدِئَ بِهِ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنَ الْوَحْيِ الرُّؤْيَا الصَّادِقَةَ فِي النَّوْم wahyu yang mula-mula diterima oleh Rasulullah s.a.w adalah dalam bentuk mimpi yang benar dalam tidur beliau. Beliau mendapati mimpi tersebut sebagaimana munculnya keheningan fajar subuh yang menyebabkan beliau suka menyepi diri. Beliau biasanya menyepi di gua Hira'.
Setelah beberapa lama beliau bertahannust dalam gua Hira`, maka pada malam 17 Ramadhan datang malaikat jibril. Muhammad gemetar ketakutan. Disaat itu malaikat jibril berkata : اقْرَأْ Bacalah wahai Muhammad!
Beliau menjawab مَا أَنَا بِقَارِئٍ: Aku tidak pandai membaca.
Rasulullah s.a.w bersabda: Malaikat kemudiannya memegang aku lalu memelukku erat-erat sehinggalah aku kembali pulih dari ketakutan. Kemudian Malaikat melepasku dengan berkata: اقْرَأْ Bacalah wahai Muhammad!
sekali lagi beliau menjawab: مَا أَنَا بِقَارِئٍ Aku tidak pandai membaca.
Rasulullah s.a.w bersabda: Malaikat kemudiannya memegang aku buat kedua kalinya lalu memelukku erat-erat sehinggalah aku kembali pulih dari ketakutan. Malaikat seterusnya melepasku dengan berkata: اقْرَأْ Bacalah wahai Muhammad!
Beliau menjawab: مَا أَنَا بِقَارِئٍ Aku tidak pandai membaca.
Rasulullah s.a.w bersabda: Malaikat kemudiannya memegang aku buat ketiga kalinya serta memelukku erat-erat sehinggalah aku kembali pulih dari ketakutan. Kemudian Malaikat melepaskan aku dan membaca firman Allah
اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ خَلَقَ الْإِنْسَانَ مِنْ عَلَقٍ اقْرَأْ وَرَبُّكَ الْأَكْرَمُ الَّذِي عَلَّمَ بِالْقَلَمِ عَلَّمَ الْإِنْسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْ
Bacalah wahai Muhammad dengan nama Tuhanmu yang menciptakan sekalian makhluk.
Dia menciptakan manusia dari segumpal darah,
Bacalah dan Tuhan mu Yang Maha Mulia
Yang mengajarkan manusia dengan kalam.
Dia mengajar manusia apa yang tidak diketahui.
Setelah itu baginda pulang dalam keadaan ketakutan ke pangkuan Saidatina Khadijah, baginda berkata: زَمِّلُونِي زَمِّلُونِي Selimutlah aku! Selimutlah aku. Lalu Saidatina Khadijah menyelimutkan baginda hingga hilang rasa gementar dari diri baginda.

Itulah peristiwa penerimaan wahyu pertama yang dialami oleh Rasulullah. Yang menjadi fikiran kita kenapa setiap jibril menyuruh membaca, Muhammad saw selalu menjawab مَا أَنَا بِقَارِئٍ? Hal itu dapat kita fahami; apa yang disuruh baca oleh Jibril bukan tulisan, tapi membaca masalah dunia dan akhirat, yang tersirat dalam wahyu pertama itu, paling sedikit 5 hal yang harus dibaca:
Membaca رَبِّكَ ; siapa Tuhanmu ?
Membaca الْإِنْسَانَ ; Tentang Manusia. Tentang kejadiannya, tentang sifat-sifatnya, hak dan kewajibannya
Membaca رَبُّكَ الْأَكْرَمُ ;bagaimana memuliakan Tuhan, bagaimana cara beribadah kepada Allah.
Membaca عَلَّمَ الْإِنْسَانَ bagaimana mengajar manusia atau menda’wahi manusia.
Membaca مَا لَمْ يَعْلَمْ apa yang tidak diketahui manusia. Banyak yang tidak diketahui oleh manusia, apalagi tentang alam gaib, seperti surga dan neraka, alam kubur, hari kiamat, yaimul hisab, padang mahsyar. 7 lapis langit, dsb.
Karena Muhammad saw tidak tahu semua persoalan itu, makanya dia selalu menjawab مَا أَنَا بِقَارِئٍ
; Saya tidak pandai membaca.
Pada awalnya rasulullah memang tidak mengerti apa yang harus dibaca, namun setelah wahyu demi wahyu terus menerus dia terima akhirnya dia pandai membaca apa yang selama ini yang tidak diketahuinya, dia mendapat petunjuk dari Al-Qur’an, sebagaimana firman Allah:

وَكَذَلِكَ أَوْحَيْنَا إِلَيْكَ رُوحًا مِنْ أَمْرِنَا مَا كُنْتَ تَدْرِي مَا الْكِتَابُ وَلَا الْإِيمَانُ وَلَكِنْ جَعَلْنَاهُ نُورًا نَهْدِي بِهِ مَنْ نَشَاءُ مِنْ عِبَادِنَا وَإِنَّكَ لَتَهْدِي إِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ(52)
Dan demikianlah Kami wahyukan kepadamu wahyu (Al Qur'an) dengan perintah Kami. Sebelumnya kamu tidaklah mengetahui apakah Al Kitab (Al Qur'an) dan tidak pula mengetahui apakah iman itu, tetapi Kami menjadikan Al Qur'an itu cahaya, yang Kami tunjuki dengan dia siapa yang Kami kehendaki di antara hamba-hamba Kami. Dan sesungguhnya kamu benar-benar memberi petunjuk kepada jalan yang lurus. (Asy-Syuura: 52)

Wahyu Terakhir

946 حَدِيثُ الْبَرَاءِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ : آخِرُ آيَةٍ أُنْزِلَتْ مِنَ الْقُرْآنِ ( يَسْتَفْتُونَكَ قُلِ اللَّهُ يُفْتِيكُمْ فِي الْكَلَالَةِ ) *
946 Diriwayatkan daripada al-Bara' r.a katanya: Ayat al-Quran yang terakhir sekali diturunkan ialah ayat: ( يَسْتَفْتُونَكَ قُلِ اللَّهُ يُفْتِيكُمْ فِي الْكَلَالَةِ ) Mereka meminta fatwa kepadamu tentang kalalah (An-Nisa’:176)*


FUNGSI AL-QUR’AN
يَاأَيُّهَا النَّاسُ قَدْ جَاءَتْكُمْ مَوْعِظَةٌ مِنْ رَبِّكُمْ وَشِفَاءٌ لِمَا فِي الصُّدُورِ وَهُدًى وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ(57)
Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman. (Yunus:57)
شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْءَانُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ
(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). (Al-Baqarah : 185)

Dari dua ayat tersebut, ada 6 fungsinya:
Maw’izhoh
Syifaa`
Huda
Rahmat
Bayyinaat
Furqon

NAMA-NAMA AL-QUR’AN
Al-Huda (petunjuk)
Adz-Dzikru (peringatan)

إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُ لَحَافِظُون
َ
Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Qur'an, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya. (Al-Hijr:9)
An-Nuur (cahaya)
يَاأَيُّهَا النَّاسُ قَدْ جَاءَكُمْ بُرْهَانٌ مِنْ رَبِّكُمْ وَأَنْزَلْنَا إِلَيْكُمْ نُورًا مُبِينًا(174)
Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu bukti kebenaran dari Tuhanmu, (Muhammad dengan mu`jizatnya) dan telah Kami turunkan kepadamu cahaya yang terang benderang (Al Qur'an). (An-Nisa’ :174)
Asy-Syifa’ (Obat penawar)

Al-Furqaan (pembeda antara yang hak dengan yang bathil)
تَبَارَكَ الَّذِي نَزَّلَ الْفُرْقَانَ عَلَى عَبْدِهِ لِيَكُونَ لِلْعَالَمِينَ نَذِيرًا
Maha Suci Allah yang telah menurunkan Al-Furqaan (Al Qur'an) kepada hamba-Nya, agar dia menjadi pemberi peringatan kepada seluruh alam, (Al-Furqan:1)
Al-Kitaab atau Kitabullah
ذَلِكَ الْكِتَابُ لَا رَيْبَ فِيهِ هُدًى لِلْمُتَّقِينَ(2)
Kitab (Al Qur'an) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa, (Al-Baqarah:2)

Al-Mubiin
Al-Kariim
Al-Kalaam



440 حَدِيثُ أَبِي مُوسَى الْأَشْعَرِيِّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَثَلُ الْمُؤْمِنِ الَّذِي يَقْرَأُ الْقُرْآنَ مَثَلُ الْأُتْرُجَّةِ رِيحُهَا طَيِّبٌ وَطَعْمُهَا طَيِّبٌ وَمَثَلُ الْمُؤْمِنِ الَّذِي لَا يَقْرَأُ الْقُرْآنَ مَثَلُ التَّمْرَةِ لَا رِيحَ لَهَا وَطَعْمُهَا حُلْوٌ وَمَثَلُ الْمُنَافِقِ الَّذِي يَقْرَأُ الْقُرْآنَ مَثَلُ الرَّيْحَانَةِ رِيحُهَا طَيِّبٌ وَطَعْمُهَا مُرٌّ وَمَثَلُ الْمُنَافِقِ الَّذِي لَا يَقْرَأُ الْقُرْآنَ كَمَثَلِ الْحَنْظَلَةِ لَيْسَ لَهَا رِيحٌ وَطَعْمُهَا مُرٌّ *
Diriwayatkan daripada Abu Musa al-Asy'ari r.a katanya: Rasulullah s.a.w pernah bersabda: Perumpamaan orang mukmin yang membaca al-Quran ialah seperti perumpamaan buah utrujah iaitu buah yang berbau harum dan rasanya enak. Manakala perumpamaan orang mukmin yang tidak membaca al-Quran ialah seperti buah kurma, tidak ada baunya akan tetapi rasanya manis. Adapun perumpamaan orang munafik yang membaca al-Quran ialah seperti buah Raihanah iaitu buah yang berbau harum tetapi rasanya pahit. Sedangkan perumpamaan orang munafik yang tidak membaca al-Quran ialah seperti buah hanzhalah (peria) iaitu buah yang tidak ada bau sama sekali dan ditambah pula oleh rasanya yang pahit *
447 حَدِيثُ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا : عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَا حَسَدَ إِلَّا فِي اثْنَتَيْنِ رَجُلٌ آتَاهُ اللَّهُ الْقُرْآنَ فَهُوَ يَقُومُ بِهِ آنَاءَ اللَّيْلِ وَآنَاءَ النَّهَارِ وَرَجُلٌ آتَاهُ اللَّهُ مَالًا فَهُوَ يُنْفِقُهُ آنَاءَ اللَّيْلِ وَآنَاءَ النَّهَارِ *
447 Diriwayatkan daripada Ibnu Umar r.a katanya: Rasulullah s.a.w pernah bersabda: Tidak boleh berhasad dengki kecuali pada dua perkara iaitu terhadap seseorang yang dianugerahkan al-Quran dan dia membacanya sepanjang siang dan malam. Juga terhadap seseorang yang dikurniakan oleh Allah harta kekayaan lalu dia membelanjakannya dengan baik pada waktu malam dan juga pada waktu siang *

1554 Diriwayatkan daripada Saidatina Aisyah r.a katanya: Rasulullah s.a.w membaca firman Allah
: ( هُوَ الَّذِى أَنْزَلَ عَلَيْكَ الْكِتَابَ مِنْهُ آيَاتٌ مُحْكَمَاتٌ هُنَّ أُمُّ الْكِتَابِ وَأُخَرُ مُتَشَابِهَاتٌ فَأَمَّا الَّذِينَ فِى قُلُوبِهِمْ زَيْغٌ فَيَتَّبِعُونَ مَا تَشَابَهَ مِنْهُ ابْتِغَاءَ الْفِتْنَةِ وَابْتِغَاءَ تَأْوِيلِهِ وَمَا يَعْلَمُ تَأْوِيْلَهُ إِلَّا اللَّهُ وَالرَّاسِخُونَ فِى الْعِلْمِ يَقُوْلُونَ آمَنَّا بِهِ كُلٌّ مِنْ عِنْدِ رَبِّنَا وَمَا يَذَّكَّرُ إِلَّا أُولُو الْأَلْبَابِ )
Dia-lah yang menurunkan Al Kitab (Al Qur'an) kepada kamu. Di antara (isi) nya ada ayat-ayat yang muhkamaat itulah pokok-pokok isi Al Qur'an dan yang lain (ayat-ayat) mutasyaabihaat. Adapun orang-orang yang dalam hatinya condong kepada kesesatan, maka mereka mengikuti sebagian ayat-ayat yang mutasyabihat untuk menimbulkan fitnah dan untuk mencari-cari ta'wilnya, padahal tidak ada yang mengetahui ta'wilnya melainkan Allah. Dan orang-orang yang mendalam ilmunya berkata: "Kami beriman kepada ayat-ayat yang mutasyabihat, semuanya itu dari sisi Tuhan kami." Dan tidak dapat mengambil pelajaran (daripadanya) melainkan orang-orang yang berakal. (Ali Imran:7). Setelah selesai Saidatina Aisyah berkata: Rasulullah s.a.w bersabda: إِذَا رَأَيْتُمُ الَّذِينَ يَتَّبِعُونَ مَا تَشَابَهَ مِنْهُ فَأُولَئِكَ الَّذِينَ سَمَّى اللَّهُ فَاحْذَرُوهُمْ Apabila kamu melihat orang-orang yang mengikuti ayat-ayat yang mutasyabihat iaitu samar-samar dari al-Quran, maka mereka itulah orang-orang yang telah disebut oleh Allah. Oleh itu berhati-hatilah terhadap mereka *
وَمَا كُنْتَ تَتْلُو مِنْ قَبْلِهِ مِنْ كِتَابٍ وَلَا تَخُطُّهُ بِيَمِينِكَ إِذًا لَارْتَابَ الْمُبْطِلُونَ(48)
Dan kamu tidak pernah membaca sebelumnya (Al Qur'an) sesuatu Kitabpun dan kamu tidak (pernah) menulis suatu kitab dengan tangan kananmu; andai kata (kamu pernah membaca dan menulis), benar-benar ragulah orang yang mengingkari (mu). (Al-Ankabut:48)


Lebih baru Lebih lama