Cara Menghilangkan Install Updates di Start Menu Windows

Install updates

     Sering kali ketika Windows download update, perlu restart komputer untuk menginstal update karena instalasi mungkin akan mengganti beberapa file sistem yang sedang digunakan oleh Windows. Restart (shut down) ini menggunakan waktu loading yang cukup lama dan membosankan. Dalam kondisi seperti itu, Windows secara otomatis menggantikan tulisan “ShutDown” di Start Menu dengan “Install updates and shut down” seperti yang terlihat (dalam lingkaran merah) screenshot berikut:


     Ikon Windows shield yang ada di dekat tombol Shut Down menunjukkan bahwa ada beberapa update yang menunggu untuk di-install dan ketika Anda klik pada tombol tersebut, pertama kali Windows akan menginstal update tersebut kemudian mematikan Windows.
     Pada tutorial ini, saya akan membagikan sebuah trik pada Registry untuk menonaktifkan fitur ini dan mengatur Windows agar tidak mengganti tombol power yang ada dengan tombol install update di Start Menu. Lihat screenshot berikut ini:



     Keterangan gambar dan langkah-langkahnya:
1. Ketik regedit di RUN atau kotak pencarian Start dan tekan Enter. Dan Registry Editor akan terbuka.
2. Sekarang, masuklah ke key berikut: HKEY_CURRENT_USERSoftwarePoliciesMicrosoftWindows
3. Buat key baru di bawah “Windows” dan set namanya menjadi WindowsUpdate
4. Buat key baru di bawah key WindowsUpdate dan set namanya menjadi AU
5. Jadi path key akan tersusun menjadi seperti berikut ini: HKEY_CURRENT_USERSoftwarePoliciesMicrosoftWindowsWindowsUpdateAU

     Langkah berikutnya, isi key AU pada kolom atau jendela sebelah kanan (lihat lingkaran kuning) dengan 3 nilai DWORD (Caranya arahkan mouse dan klik kanan , muncul pilih DWORD, ) beri nilai :
1. NoAUAsDefaultShutdownOption
2. NoAUShutdownOption
3. NoAURebooWhithLoggedOnUsers

     Dengan ini Anda akan menghapus pilihan “Install updates and shut down” dari Start Menu. Restart komputer Anda dan terbukti Shut down windows Anda kembali normal. Ucapkan "alhamdulillahi rabbil 'alamin".
Selamat mencoba.
Lebih baru Lebih lama