Kartun UPIN dan IPIN Dituduh Sebagai Agresi YAHUDI


Upin-Ipin kok Disebut Agresi Yahudi



ENTAH apa salah kartun Upin dan Ipin. Film besutan rumah produksi asal Malaysia itu dihasut sebagai penghancur agama Islam. Menurut si pembuat hoax, dalam bahasa Amerika, Upin dan Ipin berarti ”Aku Benci Rasul” dan ”Aku Suka Israel”.
”Tahukah anda sebenarnya film kartun Upin dan Ipin merupakan rancangan Yahudi untuk menghancurkan Islam,” tulis pesan hoax tersebut. Menurut mereka, Upin dan Ipin diluncurkan setelah kartun Doraemon, Pokemon, Digimon, dan lain-lain gagal menghancurkan Islam.

”Perlu kalian ketahui, jangan mengucapkan upin atau uffin. Karena upin dalam bahasa amerika artinya: Aku Benci Rasul (Maaf Ya Allah). Dan ucapkan Ariffin jangan Ipin, karena Ipin sendiri artinya Aku Suka Israel (Maaf Ya Allah)”. Menurut si pembuat hoax, huruf U di baju Upin bermakna USA . Sedangkan huruf I pada baju Ipin bermakna Israel.

Ternyata yang dimaksud si pembuat pesan bukanlah bahasa Amerika, tapi bahasa Aramaic. Bahasa Aramaic atau bahasa Aram ialah bahasa semitik yang pernah digunakan berbagai kekaisaran serta bahasa kegiatan upacara keagamaan.
Ternyata yang dimaksud si pembuat pesan bukanlah bahasa Amerika, tapi bahasa Aramaic. Bahasa Aramaic atau bahasa Aram ialah bahasa semitik yang pernah digunakan berbagai kekaisaran serta bahasa kegiatan upacara keagamaan.
Dalam situs translate Glosbe yang menyediakan penerjemahan bahasa Aramaic, ternyata tak ditemukan arti Upin. Hal yang sama terjadi untuk kata Ipin atau Ippin. Hasilnya nihil.

Yang pasti, kartun Upin dan Ipin diproduksi oleh Les’ Copaque. Rumah produksi itu berkantor di Shah Alam, Selangor, Malaysia. Dikutip dari situs resminya, Les’ Copaque didirikan oleh Haji Burhanuddin Md Radzi (managing director) dan Hajah Ainon Ariff (chief content director). Ah tega benar ya, pemiliknya saja Pak Haji dan Bu Hajah, kok disebut ingin menghancurkan Islam.
Selain tayang di Malaysia dan Indonesia, kartun Upin dan Ipin disiarkan oleh televisi Turki. Entah dari mana si pembuat hoax mengarang cerita tersebut. Mungkin si pembuat hoax ini sering berebut nonton televisi dengan anaknya. Jadi membuat isu agar dia bisa menang memilih channel televisi.

Selain tayang di Malaysia dan Indonesia, kartun Upin dan Ipin disiarkan oleh televisi Turki. Entah dari mana si pembuat hoax mengarang cerita tersebut. Mungkin si pembuat hoax ini sering berebut nonton televisi dengan anaknya. Jadi membuat isu agar dia bisa menang memilih channel televisi.( Jawa Pos23 Jan 2018)

CATATAN PENTING :

1. Kartun Upin dan Ipin diproduksi oleh Les’ Copaque. Rumah produksi itu berkantor di Shah Alam, Selangor, Malaysia. Dikutip dari situs resminya, Les’ Copaque didirikan oleh Haji Burhanuddin Md Radzi (managing director) dan Hajah Ainon Ariff (chief content director).

2. Makna dari Upin dan Ipin ini perlu ditabayyunkan kepada pendiri dan manejer atau pihak produsen, apa memang seperti yg dimaknai oleh si penuduh ? Bisajadi ada orang lain yg tdk suka dengan pesan2 dakwah dari kartun ini yang kemudian berupaya memfitnahnya agar tidak ditayangkan lagi. Padahal bisajadi Upin Ipin itu bahasa daerah (Nama orang di Malaysia) yg secara kebetulan mirip dengan bahasa lain yg maknanya berbeda. Seperti  ucapan "miting" dalam bahasa Mandailing dan bahasa Inggris, maknanya sangat jauh berbeda. Di Mandailing bermakna "Buang Air Besar" sedangkan di Inggris bermakna "Rapat pertemuan".

3. Selama ini kartun ini cukup mendidik anak2 daripada sinetron percintaan anak SMP yang justru berbauYahudi dengan pergaulan bebasnya.
4. Jangan lihat Judulnya (namanya) saja tapi lihat kontennya. Ada orang namanya buruk tapi akhlaknya baik, seperti Abu Hurairah (Bapak Kucing) tapi sangat dicintai Nabi.

Wallahu a'lam.
Hamzah Johan
Lebih baru Lebih lama