3 ALASAN NABI ISRA' MI'RAJ

 

KENAPA NABI ISRA' MI'RAJ?

Ada 3 alasan nabi isra' mi'raj:

1. BATHINIYYAH

Nabi mengalami persoalan bathin [perasaan] gundah mendapatkan musibah dengan wafatnya Abu Thalib dan Siti Khadijah pada bulan Ramadhan tahun 10 kenabian yang terkenal sebagai 'amul huzni (tahun kesedihan).  Dan disaat yang bersamaan nabi menghadapi orang-orang musyrik yang semakin keras memusuhi beliau. Sehingga untuk meringankan beban bathin beliau perlu isra' mi'raj.

2. SYAR'IYYAH

Shalat merupakan tiang agama, ibadah yang paling utama daripada ibadah yang lain. Untuk meyakinkan para hamba-Nya bahwa shalat ibadah yang paling utama, maka Allah membuat peristiwa heroik spektakuler dengan isra' mi'raj sekali gus menetapkan jumlah rakaat shalat yang disyari'atkan kepada umat Islam.

3. ILAHIYYAH

Dengan peristiwa isra' mi'raj Allah ingin memperlihatkan kebesarannya, memperlihatkan ketuhanan-Nya (ilahiyyah), bahwa Dia sanggup dengan mudah membuat yang Dia kehendaki. Orang-orang yang berakal pasti mendapatkan pelajaran bahwa Allah adalah Tuhan alam semesta dengan sudut pandang penciptaan. Tidak ada yang sanggup menciptakan itu semua; betapa luasnya jagad raya, indahnya surga yang tak 'kan sanggup diciptakan oleh siapa pun kecuali Allah SWT. Subhanallah, Maha Suci Allah dari kemusyrikan orang-orang kafir yang menyatakan ada Tuhan selain Allah. Kalau memang ada Tuhan selain Allah, maka pertanyaannya adalah dapatkah Tuhan-Tuhan mereka itu menciptakan alam semesta ini? Kalau tidak sanggup menciptakan alam semesta ini berarti dia bukan Tuhan.

Dengan peristiwa isra' dan mi'raj ini seolah-olah Allah meyakinkan kepada manusia bahwa Dia-lah sesungguh Tuhan bagi seluruh makhluk.


Wallahu a'lam.

Batam, 28 Rajab 1442 H. /12 Maret 2020

Ust. Hamzah Johan Albatahany

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama