Kenaikan Nabi Isa 'Alaihissalam Perspektif Islam dan Kristen

 


Kenaikan Nabi Isa 'Alaihissalam  Perspektif Islam dan Kristen

MENURUT ISLAM

Isa tidak dibunuh, tidak disalib, yang disalib itu orang yang diserupakan dengannya,

An-Nisa' 4:157

وَقَوْلِهِمْ إِنَّا قَتَلْنَا ٱلْمَسِيحَ عِيسَى ٱبْنَ مَرْيَمَ رَسُولَ ٱللَّهِ وَمَا قَتَلُوهُ وَمَا صَلَبُوهُ وَلَٰكِن شُبِّهَ لَهُمْۚ 

"Dan (Kami hukum juga mereka karena) ucapan mereka, “Sesungguhnya kami telah membunuh Al-Masih, Isa putra Maryam,” yang mereka ejek dengan menamainya Rasul Allah padahal mereka tidak beriman kepadanya. Mereka mengatakan telah membunuhnya, padahal mereka tidak membunuhnya dan tidak pula menyalibnya, tetapi diserupakan bagi mereka orang yang dibunuh itu dengan Nabi Isa."

Kemudian Isa diangkat ke langit,

An-Nisa' 4:158

بَل رَّفَعَهُ ٱللَّهُ إِلَيْهِۚ وَكَانَ ٱللَّهُ عَزِيزًا حَكِيمًا 

"Tetapi Allah telah mengangkat Isa ke hadirat-Nya. Allah Mahaperkasa, Mahabijaksana."

Dalam hadits ttg isra' mi'raj nabi Isa berada di langit ke-2 bersama Yahya.

Dengan urutan; langit 1 Adam, langit 2 Isa dan Yahya, langit 3 Yusuf, langit 4 Idris, langit 5 Harun, langit 6 Ibrahim, langit 7 Musa. Di riwayat yang lain disebutkan Musa di langit ke 6, Ibrahim di langit ke 7.

Dan di akhir zaman dia diturunkan kembali ke bumi selama 40 tahun, menyebarkan Islam, memerangi dajjal, kemudian dia wafat.

Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Rasul Allah bersabda, “Tidak ada seorang nabi pun (yang diutus langsung oleh Allah) antara aku dan Isa. Sesungguhnya, dia akan turun ke bumi. Maka jika kalian melihatnya, kenalilah dia. Dia adalah seorang laki-laki dengan ukuran sedang, berkulit putih kemerah-merahan. Dia memakai dua baju kuning terang. Kepalanya seakan-akan ada air yang mengalir walaupun sebenarnya ia tidak basah. Dia akan berperang melawan manusia untuk membela (ajaran) Islam. Dia akan menghancurkan salib, membunuh babi, menghapuskan jizyah (pajak). Allah akan menghapuskan semua ajaran di zamannya kecuali (ajaran) Islam. Isa akan menghancurkan Dajjal (Antikristus) dan dia akan hidup di bumi selama 40 tahun dan kemudian dia meninggal, kaum yang berserah diri kepada Allah Yang Tunggal akan menshalatkan jenazahnya.” (Hadis Abu Daud)

MENURUT KRISTEN

Nabi Isa disalib kaum Yahudi pada hari Jum'at, wafat hari sabtu dikuburkan, lalu hari minggu dibangkitkan bertemu murid-muridnya selama 40 hari, kemudian diangkat ke surga, diakhir zaman turun kembali ke bumi.

“Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga.” (Kisah Para Rasul 1:11)

PELAJARAN YANG DAPAT DIAMBIL DARI KEDUA PANDANGAN TERSEBUT

1. Orang Kristen berpendapat bahwa yang membunuh Isa adalah kaum Yahudi, tapi kenapa umat Islam yang lebih mereka benci daripada Yahudi ? Semestinya mereka lebih berpihak kepada Palestina ketimbang Israil.

2. Mati menurut Islam berpisahnya ruh dengan jasad berlaku hanya satu kali kecuali mati suri (setengah mati). Jika Isa sudah pernah dibunuh lalu dibangkitkan, maka Isa mengalami dua kali mati. Mati ketika disalib dan mati setelah turun ke bumi.

3. Menurut Islam menempati surga itu harus melalui tahap perhisaban. Anehnya nabi Isa sudah masuk surga sebelum dihisab

4. Menurut Islam, Isa diturunkan di akhir zaman tidak sekedar turun tapi membawa misi menyebarkan Islam, merobohkan salib dan memerangi dajjal.

KESIMPULAN

Dengan peristiwa Kenaikan Isa 'alaihissalam menambah kecintaan kita pada ajaran Islam, menambah keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah subhanahu wa ta'ala.


Wallahu a'lam.

By Hamzah Johan


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama